Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Maag

Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Maag -  Sakit maag adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Kalau berhubungan dengan pencernaan, pasti lah pola makan yang tidak teratur adalah faktor utama dari sakit maag. Akan tetepi ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sakit maag, yaitu stres, depresi, minum obat-obatan, dan pola tidur yang tidak teratur.

sumber gambar : blog.pelapak.com 

Untuk jenis penyakit maag ada tiga macam berdasarkan stadiumnya, yaitu :


1.Maag Ringan
Maag jenis ini biasanya tidak menimbulkan sakit apa-apa tapi kadar asam lambung sudah berlebihan pada bagian dinding lambung.

2.Maag Sedang
Maag jenis ini sudah terasa sakitnya yang ditandai dengan rasa perih pada bagian lambung, biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah.

3.Maag Kronis
Maag tipe ini sudah benar-benar menyakitkan, dan harus dilakukan segera penenganan agar si penderita tak kesakitan terlalu lama.

Jika anda mengalami tanda-tanda dari tiga macam maag di atas, anda wajib menyimak tips mengatasi dan mencegah sakit maag di bawah ini agar maag anda tidak berlankut.

Berikut beberapa tips agar dapat mengatasi dan mencegah penyakit maag, yaitu :

1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.

2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.

3. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.

4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus anda atur tapi juga pola tidur anda juga harus anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.

5. Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi anda harus bisa menghindari stres tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi dan mencegah sakit maag untuk anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.


EmoticonEmoticon