11 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan


11 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan - Pisang merupakan buah yang sering kali dijumpai di Indonesia. Memang pisang merupakan buah yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Ditambah lagi pisang merupakan buah yang tidak memiliki musim, membuat seluruh lapisan masyarakat sangat akrab dengan buah yang satu ini. Banyak yang menganggap buah pisang tak memiki khasiat yang begitu penting untuk kesehatan butuh, namun setelah mengetahui faktanya buah pisang memiliki khasiat yang luar biasa banyaknya dan besar untuk kesehatan tubuh kita.

Sahabat hobisehat mari kita simak beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh!

1. Buah Pisang Bisa Meningkatkan Mood Seseorang
Buah pisang bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Jadi memakan buah pisang adalah solusi mudah dan tepat buat anda yang sering galau :)

2. Mencegah Penyakit Jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. Memakan pisang setiap hari adalah langkah tepat bagi pengidap penyakit jantung.

3. Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan
Karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis, selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.

4. Buah Pisang Dapat Mengurangi Rasa Nyeri Ketika Haid
Ketika anda datang bulan pasti muncul rasa nyeri yang tak tertahankan. Dengan memakan buah pisang rasa nyeri anda dapat berkurang, alasan lain karena mood anda semakin baik setelah memakan pisang.

5. Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Sakit Maag
Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

6. Mengatasi Anemia
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk memulihkan kondisi kesehatan membuat penderita anemia.

7. Buah Pisang Baik Untuk Ibu Hamil
Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil. Selain itu untuk ibu hamil baca : Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

8. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

9. Pisang Dapat Mengatasi Hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita.

10. Buah Pisang Mengobati Jerawat
Jika anda memiliki jerawat, hilangkan dengan cara alami dan salah satunya adalah dengan mengoleskan masker yang terbuat dari pisang. Baca juga cara lain untuk menghilangkan jerawat : Cara Alami Menghilangkan Jerawat

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Demikianlah 11 manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Rutinlah memakan buah pisang mulai sekarang. Menjadi sehat tak perlu mahal. Mulailah dengan memakan makanan sehat yang sering anda temui.


EmoticonEmoticon