Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak - Kemampuan daya ingat setiap manusia berbeda-beda, ada yang memang terlahir dengan daya ingat yang kuat dan ada pula yang lemah. Namun jangan merasa putus asa bagi anda yang kesulitan dalam mengingat sesuatu . Ada beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan secara rutin untuk meningkatkan daya ingat otak anda. Berikut ini adalah tips sehat nya :



  1. Meningkatkan daya ingat dengan berolahraga. Olahraga bukan berarti baik untuk raga kita saja, dengan berolahraga secara teratur, selain menjaga badan kita tetap fit juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kinerja otak sehingga tidak mudah lupa. Plak yang menumpuk di sel darah kita yang menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat.
  2. Meningkatkan daya ingat dengan tidur yang cukup. Tidur di sini bukan hanya tidur di malam hari, akan tetapi juga termasuk tidur siang. Ketika tidur, otak kita akan merekam kembali kejadian-kejadian yang dialami sebelum tidur. Terutama setelah mempelajari sesuatu, misal ketika belajar sebelum ujian.
  3. Meningkatkan daya ingat dengan mengisi teka-teki silang. Selain mengisi waktu luang, teka-teki silang juga bisa kita gunakan untuk meningkatkan daya ingat. Semakin sering kita melatih otak, semakin kuat juga kinerja otak kita.
  4. Meningkatkan daya ingat dengan mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian, musik-musik tertentu bisa membantu kita untuk menghafal lebih cepat (meningkatkan daya ingat otak) sambil mendengarkan musik tersebut.
  5. Meningkatkan daya ingat dengan menjaga emosi. Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi biasanya gampang terkena stress, stress ini bisa menyebabkan kinerja otak kita terganggu karena ada beban pikiran yg lain. So aturlah emosi untuk meningkatkan daya ingat otak.
  6. Meningkatkan daya ingat dengan mengajar. Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala.  (baca jugamakanan untuk meningkatkan daya ingat).
Itulah beberapa tips/cara untuk meningkatkan daya ingat otak. Hal yang harus anda perhatikan adalah lakukan dengan serius dan setiap hari. Keseriusan dalam melakukan akan membuahkan hasil yang optimal. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon