Gejala dan Penyebab Radang Selaput Otak

Gejala dan Penyebab Radang Selaput Otak - Disebut juga penyakit Meningitis. Untuk sebagian orang terdengar asing. Namun, penyakit ini berbahaya jika tidak ditangani. Oleh karena sobat hobisehat mari mengenal apa itu Radang Selaput Otak atau Meningitis itu beserta gejala dan penyebabnya, check this out :




Sebelum membahas gejala dan penyebab radang selaput otak, mari kita lihat apa definisi dari radang selaput otak itu sendiri :

Radang Selaput Otak / Meningitis adalah :
Meningitis adalah peradangan pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi termasuk virus dan bakteri. Jenis meningitis dan penyebabnya hanya dapat ditentukan oleh dokter menggunakan hasil uji laboratorium.

Jenis - Jenis Radang Selaput Otak / Meningitis :

  • Viral Meningitis (juga disebut meningitis aseptik) adalah jenis yang paling umum dari meningitis dan meningitis bakteri. Mayoritas kasus meningitis aseptik yang disebabkan virus yang disebut enterovirus yang dapat menginfeksi lambung dan usus kecil. Sebagian kasus yang disebabkan oleh virus yang berbeda, yang dapat ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi, ini disebut arbovirus.
  • Bakteri Meningitis. Seringkali lebih parah daripada meningitis aseptik, terutama pada bayi dan orang tua. Sebelum antibiotik secara luas digunakan, 70 persen atau lebih dari kasus meningitis bakteri yang mematikan, dengan pengobatan antibiotik, tingkat kematian telah menurun menjadi 15 persen atau kurang. Bakteri meningitis paling sering terjadi pada musim dingin dan musim semi. Tiga bakteri menyebabkan sebagian besar kasus: Haemophilus influenzae, Neisseria meningitidis atau Streptococcus pneumoniae.


    1. Haemophilus meningitis yang paling sering disebabkan oleh Haemophilus influenzae tipe b, juga dikenal sebagai Hib. Sebelum vaksin banyak digunakan, Hib adalah penyebab paling sering dari meningitis bakteri pada anak-anak usia 5 tahun dan lebih muda.
    2. Meningitis meningokokus, disebabkan oleh Neisseria meningitidis, terutama penyakit anak-anak muda. Pada beberapa orang, bakteri dapat menyebabkan infeksi darah yang parah disebut meningococcemia.
    3. Meningitis pneumokokus, yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae (pneumococci), umumnya menyerang bayi, orang tua dan orang dengan kondisi medis yang kronis tertentu.
Setelah tahu apa itu Radang Selaput Otak / Meningitis.

Gejala Radang Selaput Otak / Meningitis
  • Gejala Ringan
    1. Sakit kepala 
    2. Demam ringan dan kelelahan yang berlangsung dua sampai tiga hari - pada beberapa pasien. 
    3. Penurunan nafsu makan 
    4. Kepekaan terhadap cahaya terang k
    5. Kebingungan dan kantuk
  • Gejala lebih parah yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada pasien
    1.  Leher demam 
    2. Mual dan muntah 
    3. Sakit kepala dan kaku 
Berikutnya adalah Cara mencegah Radang Selaput Otak / Meningitis
    1. Meningkatkan Kebersihan. Transmisi meningitis virus dan bakteri dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan antara orang-orang dengan risiko infeksi dan di antara mereka yang mungkin menyebarkan penyakit. Yang paling penting adalah teknik mencuci tangan yang tepat. Basahi tangan dengan sabun dan air hangat. Gosok tangan selama 10 sampai 20 detik, pastikan Anda membersihkan di bawah kuku. Bilas dengan air hangat yang mengalir. Keringkan tangan dengan Tisu atau handuk.
    2. Harus menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk.
    3. Hindari berbagi sedotan, cangkir, gelas, botol air yang digunakan selama olahraga atau rekreasi, peralatan makan, rokok, dll
    4. Memerlukan cuci tangan yang tepat untuk menghilangkan kontaminasi tinja setelah buang air besar, mengganti popok dan sebagainya.
    5. Gunakan antibiotik saat bersama orang-orang dekat anda yang terjangkit virus. Hal ini adalah pencegahan terhadap bagaimana mudahnya virus radang selaput otak menyebar. 
Itulah artikel tentang Gejala dan Penyebab Radang Selaput Otak semoga bermanfaat bagi anda. Dan membuat anda lebih mengenali dan mengantisipasi Radang Selaput Otak atau Meningitis.




EmoticonEmoticon