Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Sepatu Dengan Mudah


Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Sepatu Dengan Mudah - Memiliki kaki yang bau tidak menyenangkan bagi siapapun. Bau kaki secara medis biasa disebut bromodosis. Semua orang dapat mengalami bau kaki. Penyebab yang sering terjadi adalah kaki yang berkeringat dan memakai sepatu yang sama dalam waktu yang lama.

Mengapa kaki berkeringat?

Sebelum menjelaskan tentang bagaimana cara menghilangkan bau kaki dan sepatu, kita bahas terlebih dahulu penyebab dari timbulnya bau kaki. Kaki berkeringat adalah alasan yang sering terjadi. Siapapun sebenarnya dapat mengalami kaki berkeringat, terlepas dari faktor temperatur udara dan cuaca. Remaja dan wanita hamil dapat mengeluarkan keringat lebih banyak karena perubahan hormon yang dialami.  Kaki andapun dapat berkeringat apabila seharian berjalan. Kondisi mental yang stress atau mengalami hiperhidrosis dapat membuat kaki anda berkeringat. Infeksi jamur pada kaki juga dapat menghasilkan bau kaki yang sangat buruk.

Menurut ahli penyakit kaki, kaki dapat menjadi bahu apabila keringat membasahi sepatu dan kaos kaki dan belum sempat kering sebelum anda memakainnya lagi. Bakteri pada kulit mengurai keringat dari pori pori dan menghasilkan bau yang luar biasa. 

Apabila kaki anda berkeringat dan membuat basah sepatu dan kaos kaki anda. Bakteri dengan cepat berkembang pada sepatu dan kaos kaki tersebut. Apalagi jika sepatu tersebut disimpan ditempat yang gelap. Dan saat anda memakai sepatu anda di kemudian hari atau bahkan anda selesai mandi dan memakai sepatu dalam keadaan kaki masih basah, situasi tersebut adalah waktu yang membahagiakan bagi bakteri untuk berkembang biak dan menghasilkan bau yang sangat menusuk. Perlu anda ketahui bakteri akan berkembang berlipat ganda pada kondisi gelap, lembab dan hangat.

Kesimpulan dari mengapa kaki berkeringat ?
  1. Memakai sepatu yang sama berhari-hari. Keringat membasahai sepatu dan anda memakainnya kembali sebelum sepatu itu kering.
  2. Kurangnya menjaga kebersihan tubuh, lebih jelasnya saya katakan jorok. Hehe
  3. Perubahan hormon yang biasanya terjadi pada wanita hamil dan remaja.
  4. Dalam kondisi stress.
  5. Mengalami hiperhidrosis.

Cara menghilangkan bau kaki dan sepatu

Untuk menghilangkan bau pada sepatu, cukup anda cuci sepatu tersebut dan mulailah lebih menjaga kebersihan. Pakailah sepatu dan kaos kaki yang sama maksimal 2 hari saja. Jangan lupa untuk mencuci kaki anda setelah memakai sepatu dan lakukan setiap hari.

Jika anda ingin langkah cepat untuk menghilangkan bau kaki, cucilah kaki anda dengan sabun anti-bakteri. Diamkan beberapa menit dan basuh hingga bersih.

Cara Mencegah Munculnya Bau Pada Kaki

Langkah pencegahan adalah langkah yang tepat untuk anda lakukan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan secara rutin sehingga anda terbebas dari bau kaki yang membuat tidak nyaman.
  1. Sekali lagi pakailah sepatu yang sama tidak lebih dari dua hari.
  2. Cuci dan keringkan kaki dan gantilah kaos kaki minimal sekali sehari.
  3. Potong kuku pada kaki apabila sudah terlalu panjang.
Jika kaki anda mudah berkeringat cobalah beberapa cara ini :
  1. Gunakan spray deodorant pada kaki anda.
  2. Gunakan sepatu kanvas atau sepatu kulit, sehingga kaki anda dapat bernafas.
  3. Pilihlah sandal yang ujungnya terbuka khususnya di musim kemarau.
  4. Tidak menggunakan sepatu di malam hari (Khususnya apabila sudah dirumah)
  5. Memakai kaos kaki yang memiliki rongga udara sehingga menjaga kaki tetap kering.
Baca juga : Cara menghilangkan bau ketiak
Itulah artikel hobisehat tentang cara menghilangkan bau kaki dan sepatu dengan mudah. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan kaki anda. Jangan lupa kebersihan sepatu dan kaos kaki juga sangat penting. Isi kolom komentar di bawah artikel ini apabila ada saran/masukan/pertanyaan. Terima kasih.
Latest


EmoticonEmoticon