Penyebab Bau Mulut Tak Sedap


Penyebab Bau Mulut Tak Sedap - Jika anda memilki nafas yang tak sedap jelas akan mengganggu kepercayaan diri anda. Berbicara dengan teman, kolega, dan keluarga menjadi terganggu. Munculnya bau mulut ada beberapa penyebab yang harus anda perhatikan. Apabila anda melakukan kebiasaan yang menyebabkan nafas anda tak segar, anda harus segera meninggalkan kebiasaan itu.

Terkadang orang terlalu khawatir dengan nafas mereka padalah mereka memiliki sedikit bau mulut atau bahkan tidak bau sama sekali. Sementara itu justru yang memiliki bau mulut tidak sadar akan hal itu. Olehkarena itu, konfirmasikan kepada keluarga atau teman anda tentang bau mulut anda. Karena mereka lebih peka dengan bau mulut anda. :D

Hobisehat telah menyimpulkan beberapa penyebab sekaligus gelaja dari bau mulut. Berikut daftarnya.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

  • Makanan. Saat proses penguraian partikel makanan di sekitar gigi dapat meningkatkan jumlah bakteri dan menyebabkan bau busuk. Makanan seperti bawang putih dan rempah-rempah juga dapat menyebabkan bau mulut yang sangat menyengat.
  • Tembakau. Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Bahkan perokok tembakau juga dapat terkena penyakit pada gusi. Oleh karena itu sudah saatnya untuk berhenti merokok.
  • Kesehatan Gigi yang Buruk. Jika anda tidak rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, sisa makanan yang tertinggal di sela sela gigi akan menyebabkan bau mulut. Jika dibiarkan akan muncul plak yang akan menyebabkan sakit pada gusi. Baca juga : Cara mengobati gusi bengkak. Untuk gigi palsu pun harus rutin dibersihkan, karena jika tidak dibersihkan gigi palsu dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau busuk.
  • Mulut kering. Air liur berfungsi membersihkan mulut anda dari bakteri dan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau busuk. Terdapat kondisi dimana mulut mengering saat produksi air liur menurun dan menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Hal itu biasa terjadi pada anda sedang tidur, sehingga ketika bangun tidur nafas anda bau.
  • Infeksi pada mulut. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh luka bedah pada mulut. pencabutan gigi, kerusakan gigi, penyakit gusi dan luka pada mulut.
  • Obat tertentu. Beberapa obat secara tidak langsung dapat berkontribusi atas bau mulut yang anda alami dengan memberikan efek samping mulut kering setelah dikonsumsi. Beberapa obat juga dapat bau mulut karena reaksi kimia didalam perut yang terbawa oleh nafas anda.
  • Kondisi mulut, hidung, dan tenggorokan. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh batu-batu kecil yang membentuk amandel yang ditutupi bakteri. Peradangan pada tenggorokan dan hidung, sinusitus juga dapat menyebabkan bau mulut.
  • Efek dari penyakit lain. Seseorang yang mengidap penyakit kanker tertentu dan gangguan metabolisme dapat mengakibatkan bau mulut yang khas.
Untuk mengatasi bau mulut tak sedap anda dapat membaca artikel : Cara menghilangkan bau mulut    
Itulah beberapa penyebab bau mulut tak sedap yang dapat hobisehat rangkum. Semoga dapat membantu permasalahan anda. Jika ada pertanyaan dapat meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.


EmoticonEmoticon