Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Sederhana di Rumah


Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Sederhana- Bau mulut secara medis disebut halitosis. Bau mulut memang sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Namun, tak banyak orang yang memiliki bau mulut tak sedap benar-benar berusaha menghilangkan masalah vital ini. Beruntung untuk anda yang sudah membaca artikel ini, pertanda anda salah satu orang yang serius ingin menghilangkan bau mulut.

Penyebab dari bau mulut bermaca-macam. Yang sangat banyak terjadi adalah kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur. Faktor makananpun sangat berpengaruh atas munculnya bau tak sedap pada mulut anda.
Baca : Penyebab Bau mulut tak sedap

Menghilangkan Bau Mulut Secara Sederhana

Jika anda merasa memiliki bau mulut tak sedap, anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana dan alami berikut ini :

1. Gunakan produk perawatan gigi dan mulut.
Seperti obat kumur dan pasta gigi flouride yang terbukti mengusir bakteri yang berada pada mulut anda. Selain itu dapat mencegah gigi anda berlubang

2. Sikat gigi dan flossing secara teratur.
Lakukan minimal 2 kali sehari. Pilihlah sikat gigi yang lembut agar tidak merusak enamel gigi atau gusi. Jangan lupa untuk melakukan flossing agar kotoran pada gigi yang tak terjangkau sikat gigi dapat terangkat.

3. Rangsang air liur. 
Untuk mencegah kondisi mulut kering, anda dapat menggunakan permen karet dan permen bebes gula.

4. Makan buah buahan yang berserat.
Cara ini terbukti efektif untuk menjaga nafas tetap segar. Apel terbukti ampuh untuk menghilangkan bakteri dalam mulut anda dan menjaga kelembapan mulut anda. Perbanyak mengkonsumsi apel.

5. Makan suplemen makanan. 
Vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin B sangat efektif membantu tubuh menghilangkan racun dan lendir yang berlebih.

6. Sikat gigi anda dengan baking soda. 
Anda dapat menyikat gigi anda dengan baking soda setiap seminggu sekali. Baking soda dapat menatralisir kelebihan asam yang ada dalam rongga mulut anda.

Cara Mudah Mencegah Bau Mulut

Agar bau mulut tidak datang kembali. Lakukan beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan dengan mudah setiap harinya.

1. Makan makanan yang kaya serat.  
Sekali lagi makan makanan yang berserat memang sangat efektif untuk mencegah bau mulut. Sebaliknya anda harus menghindari makanan olahan yang mengandung karbohidrat seperti kue, es krim dan permen.

2. Gunakan obat kumur. 
Anda dapat secara rutin menggunakan obat kumur selepas makan dan sikat gigi. Namun jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kering pada mulut anda.

3. Berhenti merokok. 
Sebuah penelitian membuktikan bahwa merokok dapat menyebabkan bau mulut dan mulut kering. Untuk mengatasi kecanduan merokok, baca cara berhenti merokok untuk perokok berat.

4. Minum air putih. 
Perbanyak minum air putih agar mulut tetap lembab dan bersih.

5. Bersihkan gigi palsu anda satu kali sehari. 
Untuk anda yang memilki gigi palsu harus lebih rajin membersihkan gigi khususnya gigi palsu anda. Sebab gigi palsu merupakan tempat yang disukai bakteri.

6. Minum teh hijau dan hitam. 
Teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang dapat menghilangkan senyawa sulfur dan mengurangi bakteri pada mulut.

7. Segera bersihkan mulut setelah makan makanan penyebab bau mulut. 
Penyebab bau mulut salah satunya adalah dari apa yang anda makan. Seperti bawang, jengkol, petai, daging, ikan dan susu. Jadi anda harus disiplin membersihkan mulut dan gigi anda setelah makan makanan tersebut.

8. Konsultasikan kesehatan mulut dan gigi ke dokter anda.
Agar kesehatan mulut dan gigi anda tetap terjaga lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.
Baca juga cara memutihkan gigi
Itulah beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Sederhana di Rumah yang dengan mudah dapat anda lakukan. Yang terpenting jaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi anda. Dengan nafas segar, kepercayaan diri anda akan semakin meningkat. Silahkan isi kolom komentar apabila ada yang ingin anda tanyakan. Terima kasih.


EmoticonEmoticon