Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya


Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya - Memiliki bengkak pada gusi membuat anda tidak nyaman. Entah untuk makan dan minum ataupun hanya sedekar berbicara. Adapun beberapa penyebab umum dari gusi bengkak adalah luka pada gusi, infeksi, alergi dan sebagainya. Namun ada beberapa penyebab lebih detail dari gusi bengkak yang dapat hobisehat rangkum. Gusi bengkak juga dapat menyebabkan bau mulut.

Penyebab Gusi Bengkak

  • Teknik menyikat gigi dan flossing yang salah. Banyak kasus bahwa gusi bengkak disebabkan kebersihan mulut yang buruk. Untuk itu anda harus menyikat gigi lebih menyeluruh. Dan adapula orang melakukan flossing terlalu kasar sehingga menyebabkan luka pada gusi dan membengkak.
  • Gingvitis dan Periodontitis merupakan penyakit pada gusi. Jika kebersihan mulut tidak terjaga, kemungkinan anda terkena penyakit tersebut sangat bisa terjadi. Namun jika anda merasa memiliki penyakit gusi di atas segera hubungi dokter anda.
  • Sariawan juga dapat menyebabkan rasa sakit pada gusi.
  • Tembakau. Merokok menggunakan tembakau dapat menyebabkan sakit pada gusi. Beberapa riset membuktikan orang yang merokok dengan bahan tembakau lebih sering terkena penyakit gusi daripada orang yang merokok dengan bahan non-tembakau. 
  • Hormon. Gusi bengkak juga dapat dihasilkan dari pelepasan hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi. Hormon tersebut biasanya diproduksi saat orang mengalami pubertas, menstruasi, kehamilan ataupun menopause.
  • Kemoterapi memiliki efek samping gusi bengkak dan berdarah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Minyak Cengkeh
Anda dapat mengolehkan minyak cengkeh pada daerah gusi yang bengkak. Minyak cengkeh dipercaya dapat mengurangi pembengkakakan pada gusi. Anda juga dapat mengunyah beberapa siung cengkeh untuk mengatasi gusi bengkak.

2. Jahe
Anda dapat melembutkan jahe yang dicampur dengan garam dan olehkan langsung ke area gusi yang bengkak.

3. Air Garam
Air garam dapat memberikan pertolongan pertama untuk gusi anda yang bengkak. Gunakan air garam yang hangat dan bilaskan atau kumurkan pada bagian gusi yang sakit. 

4. Sikat gigi anda dengan benar.
Sikat gigi anda secara menyeluruh. Karena dengan menjaga kebersiha mulut anda dapat mengurangi gusi bengkak anda. 

5. Kompress dengan air hangat atau air dingin.
Kompress dengan air hangat atau air dingin dapat menjadi langkah mudah dan cepat untuk meringankan gusi anda yang bengkak.

6. Hindari konsumsi penyebab gusi bengkak
Alkohol dan rokok yang mengandung tembakau menyebabkan gusi bengkak. Oleh karena itu sudah saatnya anda menghindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok. Berikut cara berhenti merokok untuk perokok berat.

7. Minum banyak air putih.
Banyak minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Salah satunya adalah untuk kesehatan mulut anda. Dengan sering meminum air putih dapat membersihkan plak dan bakteri yang ada dalam mulut anda.

8. Cukupi asupan nutrisi anda.
Kurang asupan nutrisi dapat menjadi penyebab masalah gusi. Untuk menjaga kondisi gusi anda harus memakan makanan yang mengandung vitamin c, kalsium dan asam folat. Selain itu dapat mencegah anda dari sariawan dan penyakit gusi lainnya.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak dan penyebabnya. Semoga dapat membantu. Apabila permasalahan gusi bengkak anda semakin parah dan tak kunjung sembuh segera berkonsultsi ke dokter. Terima kasih.


EmoticonEmoticon