Cara Mengobati Sariawan di Bibir Dengan Cepat

Cara Mengobati Sariawan di Bibir Dengan Cepat
Cara Mengobati Sariawan di Bibir Dengan Cepat - Bisul pada bibir yang biasa disebut sariawan merupakan penyakit yang biasa dialami kebanyakan orang. Sariawan sangatlah mengganggu karena mengakibatkan rasa perih pada bibir saat makan dan berbicara. Sariawan merupakan bisul yang masih misterius. Mengapa misterius? karena belum ditemukan penyebab pasti dari timbulnya bintik-bintik bisul pada bibir yang akhirnya menjadi sariawan. Namun untuk anda yang sekarang mengalami sariawan pada bibir anda, jangan berkecil hati. Kami akan bahas secara tuntas tentang cara mengobati sariawan anda.

Jenis dari Sariawan

Sebelum itu, mari kita bahas tentang jenis dari sariawan. 
1. Sariawan ringan
Sariawan ini biasanya muncul 3 sampai 4 kali setahun dan bertahan di bibir sampai satu minggu. Orang yang berumur 10 sampai 20 tahun yang sering terkena sariawan sederhana ini.

2. Sariawan komplek
Sariawan ini kurang umum terjadi. Dan biasanya terjadi pada orang yang mengidap sariawan sederhana yang berkelanjutan.

Penyebab dari Sariawan

Setiap penyakit pasti ada penyebabnya, namun untuk sariawan masih belum diketahui penyebab pasti darinya. Namun ada beberapa kemungkinan yang dapat anda hindari agar tidak terkena sariawan. Seperti luka ringan karena gigi tajam dan kawat gigi yang kurang pas kemungkinan dapat menimbulkan sariawan ringan. 

Beberapa penyebab dari sariawan komplek adalah kondisi kesehatan tubuh yang lemah, seperti sistem kekebalan tubuh yang terganggu, kekurangan nutrisi seperti vitamin B 12, zinc, asam folat maupun zat besi. Atau bahkan terjadi masalah pada saluran pencernaan.

Baca juga : Cara memerahkan bibir

Apa Gejala dari Sariawan

Anda kemungkinan mengidap sariawan apabila anda mengalami :
  1. Timbul luka yang perih di daerah bibir, lidah, langit-langit, atau pipi bagian dalam anda.
  2. Timbulnya rasa seperti kesemutan atau terbakar sebelum munculnya bintik sariawan.
  3. Luka dalam mulut anda berbentuk bulat dan berwarna putih atau abu-abu dengan tepi berwarna merah
Ada beberapa sariawan yang cukup parah dapat mengakibatkan :
  1. Demam
  2. Lesu
  3. Dan pembengkakan getah bening

Cara Mengobati Sariawan di Bibir Dengan Cepat

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati sariawan di bibir anda secara cepat.

1. Madu
Madu cukup populer untuk mengobati sariawan. Caranya oleskan langsung di bagian bibir yang terkena sariawan.

2. Air Garam Hangat
Air garam dapat menyeimbangkan kadar garam di area luka sariawan. Air garam dapat mengurangi rasa luka pada sariawan. Anda cukup membuat larutan air garam hangat kemudian kumurkan di daerah yang terkena sariawan. Air garam hangat juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan dan pembengkakan sel lendir di belakang tenggorokan.

3. Parasetamol dan Mefenamat
Merupakan obat kimia yang dapat menangani sariawan anda. Kumur parasetamol atau mefenamat pada bagian yang terkena sariawan. Namun baca petunjuk dokter dalam pemakaiannya.

4. Minyak Kelapa dan Air Kelapa
Untuk minyak kelapa, olehkan saja bagian yang terkena sariwan dengan minyak kelapa tersebut. Atau anda bisa dengan meminum air kelapa yang ternyata berkhasiat menetralkan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.

5. Minum Yogurt
Yogurt merupakan susu fermentasi yang lezat. Dengan rutin meminum yogurt setiap hari dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh anda termasuk dapat mengobati sariawan anda.

6. Lidah Buaya
Gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk menangani berbagai penyakit salah satunya sariawan. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bagian sariawan tersebut.

Perhatian!!

Anda harus segera berkonsultasi ke dokter apabila mengalami :
  1. Luka sariawan besar yang tidak seperti biasanya.
  2. Luka sariawan terus menyebar dan membesar.
  3. Sariawan bertahan lebih dari tiga minggu.
  4. Rasa nyeri yang tak tertahankan walaupun sudah menghindari makanan pemicu sariawan dan sudah memakai obat counter-pain.
  5. Kesulitan saat hendak meminum.
  6. Mengalami demam tinggi saat muncul sariawan.
Baiklah, demikian Cara Mengobati Sariawan di Bibir Dengan Cepat yang dapat kami rangkum untuk anda. Segera obati sariawan anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar:


EmoticonEmoticon