Buah Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil
Buah Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil - Buah merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Selain makanan alami, buah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Namun patut diperhatikan bahwa ada beberapa buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah apa sajakah itu? berikut daftar lengkapnya :

1. Nanas
Bisakah ibu hamil memakan buah nanas? Jawabannya adalah tidak. Memakan nanas selama kehamilan tidak baik. Nanas kaya akan bromelain, yang menyebabkan pelunakan leher rahim yang mengarah ke awal persalinan. Untuk alasan ini Nanas berada dalam daftar makanan yang harus dihindari selama kehamilan.

2. Pepaya Mentah
Memakan pepaya khususnya yang mentah sangat tidak dianjurkan dalam masa kehamilan. Pepaya yang mentah atau yang agak matang mengandung banyak lateks, dimana menyebabkan kontraksi pada rahim. Namun untuk pepaya matang sangat baik untuk kehamilan. Pepaya matang kaya akan nutrisi seperti vitamin C. Biasanya pepaya dicampur dengan madu dan susu dapat dijadikan tonik yang sangat baik untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

3. Durian
Durian mengandung asam arachinodat dimana senyawa tersebut adalah senyawa kimia yang dapat memicu terbentuknya prostaglandin. Prostaglandin merupakan senyawa yang dapat merangsang kontraksi pada rahim. Hal tersebut merupakan dampak yang sangat berbahaya untuk kandungan ibu hamil. Waspadai ancaman ini pada trisemester pertama. Selain itu durian juga memiliki sifat panas di dalam perut sehingga kurang tepat di konsumsi pada masa kehamilan.

Baca juga artikel tentang Buah yang baik dikonsumsi ibu hamil

4. Buah yang Kurang Bersih
Untuk poin yang ke empat ini berlaku pada semua buah. Tentu saja ibu hamil harus mempertimbangkan kebersihan buah yang hendak dimakan. Dan harus selektif memilih kualitas buah yang sehat dan hieginis. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga buah yang hendak dikonsumsi lebih bersih:
  • Bilas buah-buahan mentah dan sayuran di bawah air mengalir sebelum dimakan atau dipersiapkan untuk mereka, terutama buah-buahan yang harus dikupas atau dipotong - seperti melon dan lainnya. Bakteri dapat ditemukan pada kulit luar buah.
  • Jangan gunakan sabun, deterjen, atau solusi pemutih untuk mencuci buah.
  • Sebagai tindakan pencegahan tambahan, gunakan sikat sayuran kecil untuk menghilangkan kotoran pada permukaan buah.
  • Cobalah untuk memotong bagian buah yang rusak atau busuk - bakteri dapat berkembang dalam tempat-tempat seperti itu
.Itulah beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Memang asupan untuk ibu hamil dan ibu menyusui sangatlah harus dijaga dan selektif. Demi kesehatan sang ibu dan calon bayi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon