Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan - Daun sirih merupakan obat herbal yang sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita. Masih ingat bukan, ketika masih kecil anda mimisan pasti orang tua atau nenek anda memberi anda daun sirih untuk menyumpat hidung anda? Nah, setelah di teliti daun sirih mengandung zat antiseptik diseluruh bagiannya. Tak heran orang-orang jaman dulu sudah menggunakan daun sirih sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Nah, berikut ini hobisehat telah mengumpulkan berbagai manfaat daun sirih bagi kesehatan anda.


Manfaat daun sirih
Mimisan
Manfaat daun sirih yang lain adalah membantu menghentikan mimisan. Caranya ambil selembar buah daun sirih dan linting atau gulung daun sirih untuk menyumbat hidung yang mimisan.

Sakit Gigi
Jika mengalami masalah sakit gigi, Anda dapat mencoba daun sirih untuk mengobatinya.Cara adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air tunggu sampai mendidih dan hanya terisisa 1 gelas air. Gunakan air tersebut untuk berkumur sampai sakit gigi anda hilang.
Itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa kita dapatkan.

Diare
Ambilah daun sirih sebanyak 4-6 buah, tambahkan 6 biji lada halus dan satu sendok makan minyak kelapa. Tumbuk hingga halus kemudian usapkan tumbukan daun sirih tadi ke perut dan ulangi sampai diare benar-benar mampet

Menghilangkan Bau Mulut
Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.

Jerawat
Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.

Keputihan
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.

Bronkitis
Ambil 6 sampai 7 lembar daun sirih lalu dipotong halus. Masak saun sirih campur dengan sedikit gula ke dalam dua gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Batuk
Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.

Menghilangkan bau badan
Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari.


Sariawan
Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.


Luka bakar
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.

Bisul
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.

Mata Gatal dan Merah
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.

Koreng dan Gatal-Gatal
Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.


Mengurangi ASI Berlebih
Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.


Menghentikan Gusi Berdarah
Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.

Demikianlah manfaat daun sirih bagi kesehatan anda. Memang daun sirih banyak sekali manfaat nya. Semoga tips kesehatan di atas bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungan anda.


EmoticonEmoticon