Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di Hidung

Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di Hidung - Permasalahan pada wajah bukan hanya tentang jerawat. Komedo merupakan masalah yang sering dirasakan baik wanita maupun pria. Komedo merupakan penyumbatan pori-pori kulit yang menyebabkan munculnya tonjolan pada kulit. Komedo seringkali muncul pada area wajah, dibagian hidung dan dagu. Tonjolan dari komedo sendiri biasanya berwarna keputih-putihan, namun ada pula yang kehitam-hitaman bahkan kekuning-kuningan.

Komedo biasanya muncul pada seseorang yang sudah mengalami masa pubertas. Tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa dan anak-anak mengalami masalah wajah yang satu ini. Namun jangan khawatir bagi anda yang memiliki masalah komedo pada wajah anda. Sebenarnya banyak cara yang sederhana dan alami untuk mengusir komedo yang mengganggu penampilan  anda. Baiklah, langsung saja berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengusir komedo pada wajah anda.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di Hidung

Berikut ini 5 cara alami untuk menghilangkan komedo yang bisa anda lakukan

1. UAP AIR PANAS
Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk anda praktekkan . Rebus air secukupnya hingga mendidih dan tuang kedalam baskom. Tambahkan air garam secukupnya. Kemudian uapi wajah anda sekitar 5-10 menit. Agar muka anda terkena uap lebih banyak, tutup kepala anda dengan handuk dan dekatkan dengan baskom.

2. PEPAYA
Buah Pepaya memiliki khasiat untuk perawatan pada kulit wajah. Biasanya untuk para wanita sering memakai pepaya untuk dijadikan masker wajah. Pepaya juga berkhasiat menghilangkan komedo dengan kandungan papain pada pepaya yang berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati. Kandungan proteolitik pada pepaya merupakan zat yang dapat mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker pepaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga lembut dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa mengoleskan masker pepaya ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

3. MADU DAN SUSU
Madu dan susu sangat memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan wajah. Madu mengandung zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab komedo. Sedangkan susu mengandung asam laktat yang dapat melembutkan kulit. Sehingga perpaduan susu dan madu sangat cocok untuk mengatasi komedo dan bahkan jerawat.

Caranya: siapkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu (usahakan madu murni) dan selembar kapas kecantikan (biasanya berbentuk persegi). Campurkan madu dan susu, lalu hangatkan (bisa dimasak) selama 5-10 detik hingga menjadi pasta. Tunggu agak dingin, lalu usap pasta ke bagian komedo. Setelah itu tempelkan kapas ke area tersebut. Tunggu hingga mengering, kurang lebih 20 menit, lalu kupas kapas dibantu dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap hari.

4. LIDAH BUAYA
Gel lidah buaya mengandung 2 hormon yaitu auksin dan giberelin. Fungsinya adalah dapat menyembuhkan dan mengurangi peradangan pada kulit dan wajah. Lidah buaya juga dapat menjadi pelembab kulit.

Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah anda yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

5. JUS LEMON
Bahan selanjutnya adalah jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang bagus untuk mencegah jerawat, komedo serta masalah kulit lainnya. Asam sitrat pada lemon juga membantu mengencangkan pori-pori yang berfungsi mencegah munculnya komedo.
Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

6. MASKER PUTIH TELUR
Sesuai dengan namanya, bagian yang dipakai adalah bagian putih telurnya saja. Putih telur bagus untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori.

Caranya yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat.
Baca juga : Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami 
Itulah 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di Hidung yang dapat anda lakukan. Tanpa harus ke klinik kesehatan sebenernya anda dapat melakukan langkah-langkah untuk menghilangkan komedo anda. Namun apabila dengan cara di atas komedo anda tidak kunjung hilang atau berkurang atau bahkan semakin parah segera berkonsultasi ke dokter kulit atau ke klinik kesehatan wajah. Yang terpenting adalah jaga kebersihan wajah anda dan rawat secara rutin. 


EmoticonEmoticon