6 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan


6 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan - Tidur adalah salah satu aktifitas manusia yang sangat penting. Kenapa tidur juga disebut aktifitas? Ya, tidur adalah salah satu aktifitas wajib yang harus dilakukan. Organ tubuh kita terus bekerja dan membutuhkan istrahat yang hanya didapat saat anda tidur. Ada pula organ tubuh yang dapat bekerja lebih optimal saat anda tertidur. Jika anda mempunyai kebiasaan kurang tidur, kesehatan anda pasti mudah drop. Sebab anda telah merusak jadwal kerja organ tubuh anda sendiri. Berikut ini adalah 6 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan :



1. Fokus dan konsentrasi berikurang. Dampak ini sangat masuk akal terjadi. Orang yang kurang tidur pasti lelah dan merasa kantuk. Bayangkan jika anda menyetir mobil saat mengantuk, pasti konsentrasi anda sangat terganggu. Hal ini juga berlaku untuk pelajar, saat belajar pun sulit untuk konsentrasi jika anda mengantuk atau letih karena kurang tidur.

2. Daya ingat menurun. Anda sering lupa mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, ketika hendak membutuhkan barang tersebut. Ini di mungkinkan pula akibat anda kurang tidur di malam hari. Cobalah pikirkan sendiri, sudah cukupkah tidur malam anda selama ini.

3. Akibat kurang tidur memicu penyakit berbahaya. Berbagai penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. Hal ini karena banyak organ dalam yang bekerja saat anda tidur. Sementara anda kurang tidur, jadwal organ dalam pun menjadi tidak teratur.

4. Mudah mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.

5. Kesehatan Kulit dan Mata. Dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit anda dan mata anda terlihat bengkak.

6. Akibat tidur yang terakhir yaitu obesitas atau kegemukan. Ketika kita selalu terjaga di malam hari, maka akan terjadi peningkatan rasa lapar dan hasrat atau nafsu makan yang selalu ingin tersalurkan yang akan memicu obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran ideal.
Baca juga bahaya tidur dengan lampu menyala.

Itulah 6 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan, jika anda salah satu orang yang memiliki kebiasaan kurang tidur, segeralah ubah pola tidur anda. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon