Macam - Macam Penyakit Ginjal

Macam - Macam Penyakit Ginjal - Untuk menjaga kesehatan tubuh, diperlukan perhatian khusus terhadap organ vital tubuh. Salah satunya adalah ginjal. Banyak sekali pengidap penyakit ginjal di Indonesia ini. Namun, sebenarnya penyakit ginjal terdapat 4 macam. Hobisehat akan menjelaskan macam - macam penyakit ginjal tersebut.

Ginjal memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Ginjal akan menyaring darah dan mengatur volume darah ke seluruh tubuh. Selain itu menyaring kadar glukosa dalam darah kita. Jangan sampai anda memiliki pola makan atau pola hidup yang dapat merusak ginjal.


Macam - macam Penyakit Ginjal 

1. Batu ginjal
Mungkin kata batu ginjal sudah sangat familiar di telinga kita. Batu ginjal di sebabkan karena terkumpulnya mineral dan benda-benda organik pada organ ginjal tersebut. Batu ginjal yang berukuran kecil dapat keluar dari badan dengan sendirinya. Namun batu ginjal yang berukuran lebih besar dapat di atasi dengan cara pembedahan. Beberapa hal dapat memperparah batu ginjal tersebut seperti berkurangnya volume cairan dan bertumpuknya mineral. Sehingga membuat terganggunya keseimbangan yang sempurna antara cairan dan larutan yang ada dalam organ ginjal tersebut.

2. Gagal ginjal
Anda mungkin juga sangat tidak asing lagi dengan gangguan pada organ ginjal tersebut. Gagal ginjal akan mengakibatkan hilangnya sebagian dan bahkan keseluruhan fungsi organ ginjal pada tubuh kita.Gagal ginjal tersebut terjadi karena rusaknya tubulus di dalam organ ginjal karena obat-obatan atau larutan organik seperti karbon tetraklorida, aseton serta etilen glikol, dan bersingungan dengan senyawa logam seperti merkuri, timah serta uranium. Gagal ginjal ini juga disebabkan karena penyaket diaabetes yang dapat merusak medula atau bagian dalam ginjal serta karena kelebihan garam kalsium yang berada pada organ ginjal tersebut.

3. Pyelonephrits
Merupakan infeksi dan peradangan jaringan pada organ ginjal dan renal pelvis ( yaitu ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas dari ureter tubulus yang mana menyalurkan urin ke kandung kemih). Pyelonephritis ini biasanya disebabkan karena bakteri dan merupakan salah satu kelainan pada organ ginjal yang paling sering terjadi dan juga merupakan salah satu kelainana ginjal yang dapat menjadi kronis serta akut.

4. Glomerulonephritis
Merupakan salah satu penyakit pada organ ginjal yang sering terjadi pula. Penyakit tersebut di akibatkan karena sistem imun tubuh yang kita miliki lumpuh. Gejala penyakit pada ginjal tersebut yaitu adanya darah dalam urine kita, pembengkakan pada jaringan tubuh serta adanya kandungan protein dalam urine yang mana di sebabkan karena bakteri streptococcal. Pada banyak kasus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan.



Itulah macam-macam penyakit ginjal dari hobisehat. Jagalah ginjal anda. Jauhilah pola hidup dan makan yang dapat merusak ginjal. Sayangi diri anda. Dan nikmati hari-hari dengan tubuh sehat. See you next post.


EmoticonEmoticon