Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh - Permasalahan tentang merokok adalah hal yang sudah sering dibahas. Banyak sekali dampak negatif yang timbul akibat merokok. Dari segi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Masyarakat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah perokok terbanyak didunia. Sungguh ironi sebenarnya melihat kenyataan ini. Sebenarnya terpampang jelas dalam bungkus rokok bahwa rokok berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Namun bagi perokok seolah tulisan itu tidak nampak.

Sebelum membahas bahaya rokok mari kita lihat apa saja yang terkandung dalam rokok. Disebutkan ada beberapa zat berbahaya yang ada dalam rokok. Berikut ini informasinya :



1.Karbon monoksida: suatu bahan kimia yang dihasilkan dari asap rokok (kepulan asap rokok)
2.Nikotin: adalah zat kimia yang bisa menenangkan seseorang, zat ini bisa membahayakan dan dapat menyebabkan kegemukan (walapun tidak secara langsung) dan yang mengerikan lagi nikotin adalah zat kimia (aditif) pemicu adanya penyempitan pembulu darah.
3.Tar : zak kimia aditif yang dapat menempel pada oragan tubuh paru paru karena sifat dari zat aditif ini (Tar) lengket.
4.PB : merupakan kandungan timah hitam yang terdapat pada satu batang rokok, dalam satu batang rokok PB (timah hitam) biasanya dalam satu bunting rokok diberikan PB 0,5ug.

Wow! Sampai disini saja rokok sudah sungguh menakutkan. Anda bisa bayangkan bahwa didalam rokok terkandung zat-zat berbahaya tersebut. Bagaimana dengan tubuh kita yang setiap hari dimasuki zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok tersebut?

Ok kita simpan dulu jawabannya. Mari kita langsung ke topik utama, yaitu bahaya rokok bagi kesehatan tubuh. Berikut ini hobisehat rangkum dari berbagai sumber :

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh

1.Rokok Membahayakan Paru-paru
Seorang perokok baik itu perokok pasif ataupun perokok aktif dapat mengalami resiko serangan penyakit paru-paru, penyakit paru paru ini biasanya akan mengakibatkan seseorang sulit untuk bernafas ( sesak nafas). Memang sebenarnya penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh namun seseorang biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena gejala paru-paru dan mereka baru menyadarinya setelah dirinya benar-benar parah. Catatan penting: penyakit paru-paru yang sudah parah tidak ada obatnya kecuali hanya kuasa allah saja yang bisa menyembuhkannya.

2.Rokok dapat membayakan Tulang
Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok banyak terjadi pada seorang wanita, karena jika menurut penelitian dan beberpa artikel yang pernah saya baca, hampir 6-10 persen kaum wanita yang meokok akan mengalami rapuh tulang (osteoporosis).

3.Menghisap Rokok Dapat Membahayakan Stroke & Jantung
Adanya zat kimia karbon monoksida dalam sebuntung rokok dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan penyakit stroke & jantung . karbon monoksida yang dihasilkan dari asap rokok inilah yang akan membahayakan tubuh dan nantinya akan berdampak pada menumpuknya kolestrol di setiap arteri.

4.Rokok dapat membayakan Kulit
Dengan terlalu banyak orang menghisap rokok, hal ini bisa mengurangi oksigen yang diperlukan oleh kulit, sehingga dapat mempercepat kerutan pada kulit tubuh.

5.Menghisap Rokok Dapat Menyebabkan Kanker
Rokok dapat memicu seseorang terserang penyakit Kanker, kanker yang bisa diakibatkan oleh asap rokok dan materi bahan lainnya adalah kanker lidah, kanker paru-paru, Kanker lambung dan yang terakhir kanker nasofaring.

6. Menghisap Rokok Dapat Membahayakan Gigi & Mulut
Salah satu penyebab Gigi seseorang menjadi kuning ialah kebanyakan menghisap rokok, tak hanya gigi kuning bahkan bau mulut pun juga akan kita alami jika terlalu banyak menghisap rokok. Jika hanya menyebabkan mulut bau mungkin masih bisa diatasi dengan cara alami namun jika lama-kalamaan menghisap rokok maka akan menyebabkan kanker lidah, bibir dan tenggorokan. Baca : cara memutihkan gigi

Itulah beberapa bahaya rokok bagi kesehatan tubuh. Mari kita belajar dari sekarang untuk segera berhenti merokok. Cintai diri anda dan lingkungan anda. Salam sehat!


EmoticonEmoticon